Arti Penting Survey Bagi Pemasaran Produk

Sejalan dengan semakin ketatnya kompetisi global pada beberapa bisnis menyebabkan semua perusahaan baik yang bergerak dibidang barang atau jasa berusaha untuk memikirkan dan mencari cara yang harus ditempuh agar produknya tetap eksis dan berkembang di pasaran. Setiap perusahaan selalu berusaha untuk mencapai target yang mereka tuju dengan selalu memperhatikan dan mempertimbangkan faktor-faktor yang ada. Sehingga perilaku konsumen pun perlu dipantau dan dianalisis karena hal tersebut sangat bermanfaat bagi pengembangan produk dan penentuan strategi pemasaran di masa mendatang. Tuntutan untuk dapat memahami perilaku konsumen merupakan konsekuensi logis implementasi konsep pemasaran. Pengetahuan dan informasi yang luas tentang konsumen merupakan sarana yang sangat berguna bagi manajemen untuk mengembangkan strategi pemasaran yang efektif. Salah satu tipe masaran efektif adalah melalui survey karena dengan adanya survey kita akan mengetahui bagaimana kesan konsumen terhadap produk.

Salah satu contoh pemasaran produk melalui survey adalah industri sepeda motor yang mana saat ini memang sedang marak-maraknya. Ini dapat dilihat dari munculnya banyak perusahaan motor dari Cina yang menjadi pesaing utama motor Jepang. Tak pelak persaingan antar perusahaan cenderung semakin ketat. Mereka yang tidak mampu mencari terobosan-terobosan baru dalam produk-produknya dan meningkatkan kepuasan pelanggan akan dilupakan oleh pelanggannya.

Dengan banyaknya perusahaan sejenis mengakibatkan persaingan yang semakin ketat. Hal ini menyebabkan setiap perusahaan harus menempatkan orientasi pada kepuasan pelanggan sebagai tujuan utama. Persaingan tersebut bertujuan untuk selalu dapat memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumen yang semakin sempurna. Keadaan seperti ini mendorong perusahaan untuk melakukan strategi bersaing untuk memenangkan persaingan itu, dimana konsep pemasaran yang berorentasi pada produk sudah tidak sesuai lagi untuk menahan arus perubahan yang ada di sekeliling perusahaan. Konsep pemasaran yang tepat diterapkan saat ini adalah konsep pemasaran yang berorientasi pada konsumen. Hal ini menjadikan perusahan-perusahaan harus selalu mengumpulkan informasi untuk merancang strategi bersaingnya guna menjaga kontinuitasnya.

Di dalam banyak literatur bisnis, arti strategi mempunyai banyak cara meskipun esensinya seringkali tidak jauh berbeda. Tujuan strategi bersaing untuk unit usaha dalam sebuah industri adalah menentukan posisi dalam industri sejenis sehingga perusahaan dapat melindungi diri terhadap tekanan persaingan atau justru secara aktif dapat mengadakan penetrasi pasar pada persaingannya. Dalam strategi bersaing ada empat komponen yang harus di perhatikan oleh sebuah perusahaan dalam menjalankan manajemen produksi, komponen tersebut adalah:

    1. Analisis lingkungan bisnis yang diperlukan untuk mendeteksi peluang dan ancaman bisnis.
    2. Analisis profil perusahaan untuk mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan perusahaan.
    3. Strategi bisnis yang diperlukan untuk mencapai tujuan perusahaan dengan memperhatikan misi perusahaan.
    4. Misi perusahaan itu sendiri.

Hal penting dalam melaksanakan dari empat komponen tersebut, diatas adalah tetap dikerjakan sesuai dengan fungsi pokok manajemen yakni perencanaan, implementasi dan pengawasan.

Pengambilan keputusan strategis selalu berkaitan dengan pengembangan misi, tujuan, strategi dan kebijakan perusahaan. Dengan demikian perencana strategis (strategic Planner) harus menganalisis faktor – faktor strategis perusahaan (kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman) dalam kondisi yang ada pada saat ini.

Apa yang diharapkan dengan adanya strategi bersaing tidak lain adalah untuk mencari strategi yang tepat sesuai dengan hasil yang didapatkan dan juga sesuai dengan kondisi di Indonesia, khususnya dengan tujuan meningkatkan pendapatan pada perusahaan dan untuk mengantisipasi persaingan saat ini dan di masa yang akan datang.

Dengan pengembangan produk yang tepat untuk setiap pasar sasaran, penyesuaian harga, jalur distribusi, dan periklanan melalui survey sehingga mereka dapat mencapai pasar secara efisien dan dengan survey Perusahaan dapat mengkhususkan diri melayani segmen pasar tertentu, akan lebih unggul dalam penguasaan pasar. Dalam pasar yang lebih homogen, pemasar dapat mengetahui karakteristik konsumennya, kebutuhan, serta keinginan mereka akan suatu produk.

Dan dengan strategi pemasaran ini, perusahaan dapat memperoleh posisi yang lebih baik dalam persaingan, sebab mereka berpeluang untuk memproduksi produk dan menyusun program pemasaran yang sesuai dengan pasar sasarannya. Dengan membagi pasar, akan memudahkan pengembangan efektifitas program pemasaran untuk segmen yang spesifik (Loudon and Della Bitta, 1993 dalam Darmaestha, 1998:54). Untuk mengevaluasi survei pasar yang sebenarnya mudah. Sebuah Survey Pasar umumnya program survei yang lebih komprehensif dan rinci, termasuk data seperti jumlah jenis kendaraan bermotor, tata letak halaman depan, penawaran produk, dll.

Program Survey Pasar adalah penting karena menyediakan up-to-date, akurat, dan komprehensif informasi tentang pasar secara keseluruhan. Tujuan dari Survey Pasar adalah untuk mengembangkan profil saat ini yaitu industri pasar. Setelah daftar target calon pelanggan diidentifikasi, survei pasar yang dilakukan untuk menilai permintaan untuk produk atau jasa. Tujuan utama dari survei pasar untuk menentukan, setepat mungkin, status saat ini pasokan dan permintaan di sektor jasa yang relevan dan fasilitas akses ke platform pengiriman individu. Kebutuhan untuk survei pasar berdedikasi jelas dan harus menyimpan limbah yang tidak perlu kekuasaan waktu, manusia dan uang. Tujuan dari survei ini adalah untuk memberikan informasi pasar tenaga kerja untuk bisnis mempertimbangkan memperluas atau membuka fasilitas baru dalam suatu area tertentu. Misal , sebelum suatu produk memulai survei pasar tenaga kerja, Anda perlu mengetahui informasi karir dasar.

Ada dua komponen yang sangat penting untuk riset pasar yaitu: Konsumen, data responden dapat melakukan Survei Pasar lengkap atau parsial, menciptakan inventarisasi semua toko dalam suatu daerah. Eksekutif pemasaran berjuang dengan terus berubah pasar dimana persaingan teknologi, solusi dan bahkan asumsi terus ditingkatkan. Data survei akan dikumpulkan, dianalisis, dan disebarkan melalui laporan tertulis yang komprehensif. Survei ini memberikan data yang memungkinkan para profesional industri yang paling untuk membandingkan statistik pasar industri, tren dan informasi yang diperoleh dari kontraktor survei independen. Ada beberapa pendekatan untuk masalah ini, yang ketika tepat diterapkan dapat memberikan wawasan untuk pertanyaan pemasaran tertentu pada waktu yang mode .


Data akan dikumpulkan, dianalisis, dan disebarluaskan melalui survey: laporan komprehensif tertulis Sebuah survei pasar merupakan syarat penting untuk memulai bisnis yang sukses. Survei pasar adalah untuk mengumpulkan informasi tentang berbagai aspek bisnis. Melalui mana kita dapat meminimalkan risiko. Setelah survei pasar, hasilnya harus dianalisis dalam rangka untuk menyelesaikan rencana bisnis.
Melalui survei pasar kita dapat memperoleh informasi dalam bidang berikut: ukuran pasar , pola permintaan , kebiasaan membeli dan motif , masa lalu dan sekarang tren untuk produk ini atau lainnya. Berikut lima langkah dalam melakukan survei pasar yaitu:

    1. Tentukan tujuan dan menentukan informasi yang harus dikumpulkan:
      a. Mengidentifikasi sumber-sumber informasi
      b. Menilai waktu dan biaya yang diperlukan untuk survei
      c. Memilih metodologi
      d. Mempersiapkan rencana aksi
       
    2. Langkah 2: Pilih sampel
      a. Menentukan di mana untuk melakukan survei
      b. Menentukan kapan untuk melakukan survei
       
    3. Siapkan kuesioner untuk survei
       
    4. Kumpulkan data dan menganalisis informasi yang diperoleh
       
    5. Menyiapkan laporan berdasarkan data yang dianalisis

Jadi dapat disimpulkan bahwa Survei pemasaran memungkinkan untuk mengetahui informasi penting yang dapat mempengaruhi bisnis yang seseorang dan ingin mulai atau kemajuan bisnis yang telah mulai. Survei pemasaran menjembatani kesenjangan antara pelanggan dan perusahaan, terutama jika itu adalah perusahaan yang langsung bertatp muka dengan responden. Dengan adanya interaksi tatap muka antara perusahaan dan pelanggan, survei ini memungkinkan kedua untuk mengetahui hal-hal penting penting bagi hubungan perusahaan-pelanggan yang baik.

Kontak dan Informasi

BALIDATASURVEY.COM

Alamat : Jl Pasekan No 55 Batubulan, 
  ..Sukawati, Gianyar, Bali, Indonesia
Telepon : +62.361.240368
Facsimile : +62.361.240368
Mobile : +62.81747.507.87 (English)
  : +62.81313.878.986 (Hotline)
  : +62.82147.857.858 (Bahasa)
Email : This e-mail address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.
Website : www.balidatasurvey.com